Sorpsi Stronsium Dalam Tanah Lempung Karawang Sebagai Calon Lokasi Disposal Limbah Radioaktif

Lailani Syarifah, Bambang Suharto, Bambang Rahadi, Aisyah Aisyah

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan sorpsi tanah lempung Karawang terhadap Stronsium dan mengetahui pengaruh NaCl dan CaCl2 terhadap koefisien distribusi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode RAL. Dengan mengontakkan radionuklida Stronsium dengan tanah lempung Karawang. Diberikan perlakuan NaCl dan CaCl2 dengan konsentrasi masing-masing 0.1M, 0.5M dan 1M untuk melihat perubahan nilai koefisien distribusi. Hasil yang diperoleh menyatakan bahwa kandungan tanah lempung Karawang didominasi oleh mineral smectite, pengaruh waktu kontak terhadap Sorpsi Sr oleh tanah lempung Karawang mencapai kesetimbangan pada hari ke 5 dengan nilai Koefisien distribusi masing 589.362 mL g-1 dan 377.108 mL g-1 untuk T3 dan T5. Semakin besar konsentrasi NaCl dan CaCl2 mengakibatkan nilai Koefisien distribusi menurun. Penurunan nilai Koefisien distribusi karena pengaruh CaCl2 lebih besar dibandingkan dengan pengaruh NaCl. Keberadaan kation pengganggu seperti ion Na maupun ion Ca pada suatu fasilitas disposal diharapkan dalam kuantitas yang minimal.

 

Kata kunci: disposal, limbah radioaktif, sorpsi stronsium

 


Full Text:

PDF

References


Putero, Santosa. 2011. Siklus Budaya Inovasi Berorientasi Llmbah-Transparansi Kepercayaan Publik: Kunci Keberhasilan Pengelolaan Fasilitas Nuklir di Indonesia. Prosiding Seminar Teknologi Pengelolaan limbah V Pusat Teknologi Limbah Radioaktif. Batan; Serpong.

Prihastuti, Suci. 2015. Analisis Pengaruh Waktu Kontak, Konsentrasi dan Kekuatan Ion Pada Sorpsi Cesium-137 dengan Tanah Lempung Sebagai Hostrock Disposal Limbah Radioaktif (Studi Kasus: Tanah Lempung Formasi Karawang). FTUI; Depok.

Rahmatiyah, Jumasing. 2011. Makalah AAS. Diakses pada tanggal 26 mei 2016 pukul 19:21 WIB. < https://www.academia.edu/3724508/Makalah_aas ?auto=download>.

Sucipta, Setiawan et al. Pemilihan Wilayah Potensial untuk Disposal Limbah Radioaktif di Pulau Jawa dan Sekitarnya. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pengelolaan Limbah VIII. Batan; Serpong.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.