Evaluasi Kinerja Instalasi Pengolahan Air Limbah PT Surabaya Industrial Estate Rungkut – Management of Pasuruan Industrial Estate Rembang

Fahmi Alpha Yanitra, Alexander Tunggul Sutan Haji, Bambang Suharto

Abstract


Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) PT SIER–PIER mengolah air limbah industri dan domestik yang dihasilkan dari kegiatan perindustrian di kawasan PT SIER–PIER. IPAL ini telah berdiri sejak 1989. Seiring berjalannya waktu, pertumbuhan dan perkembangan industri semakin meningkat sehingga menambah beban IPAL. Sehubungan dengan beban yang semakin berat maka perlu dilakukan evaluasi untuk mengetahui kinerja. Evaluasi akan dilakukan secara menyeluruh pada tiap-tiap unit pengolahan. Pengukuran dan pengujian lapang dilakukan untuk memperoleh data dan selanjutnya akan dilakukan perhitungan kinerja. Perhitungan kinerja akan dibandingkan dengan standar kriteria desain tiap unit. Hasil penelitian diperoleh debit inlet rata-rata 0.049 m3 s-1 dan debit puncak 0.074m3 s-1. Karakteristik inlet air limbah pada parameter pH, BOD, COD dan TSS memenuhi standar buangan IPAL PT SIER–PIER. Outlet air limbah yang dihasilkan dari IPAL PT SIER–PIER sesuai dengan baku mutu Peraturan Gubernur Jawa Timur no. 72 tahun 2013. Secara keseluruhan kinerja IPAL masih baik. Namun terdapat beberapa parameter yang tidak sesuai dengan standar kriteria desain. Parameter tersebut terdapat pada masing-masing unit pengolahan.

 

Kata kunci: air limbah, evaluasi IPAL, kawasan industri SIER-PIER


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Effendi, H. 2003. Telaah Kualitas Air: Bagi Pengolahan Sumberdaya Dan Lingkungan. Kansius. Yogyakarta

Gerrady, Michael. 2002. Settleability Problems and Loss of Solids in the Activated Sludge Process. Environmental Protection Magazine Series. United State of America.

Handayani, Rahayu. 2012. Evaluasi dan Optimalisasi Inastalasi Pengolahan Air Limbah (IPLC) Gedung Perkantoran Pt Pacific Paint dalam Penurunan Amonia. Universitas Indonesia. Depok.

Hammer, Mark. 2004. Water and Waste Water Technology. Prentic Hall. Singapore

Jantrania, Anish R. 2006. Advanced Onsite Wastewater System Technologies. Taylor & Francis Group. USA.

Metcalf & Eddy. 1991. Watewater Engineerng Treatment, Disposal, Reuse. McGraw-Hill Book Company. New Delhi.

. 2004. Watewater Engineerng, Treatment and Reuse (4th ed). McGraw-Hill Book. New York.

. 2014. Watewater Engineerng, Treatment and Resource Recovery (5th ed). McGraw-Hill Book (Asia). Singapore.

Nemerow, Nelson L. 2009. Water, Wastewater, Soil and Groundwater Treatment and Remidiation. John Wiley & Sons, Inc. USA.

Peavy, Howard S. & Rowe, Donald R. 1985. Environmental Engineering. McGraw-Hill Book. Singapore.

Sawyer, Clair & Mccarty, Perry L. 2003. Chemistry for Environmental Enginering and Science (5th Ed). McGraw-Hill Book. Singapore.

Siregar A., Sakti. 2005. Instalasi Pengolahan Air Limbah. Kansius. Yogyakarta.

Welch. 1992. Ecological Effect of Waste Water. Cambridge University Press. Sidney

Wulandari, Dwica. 2012. Evaluasi Instalasi Pengolahan Air Limbah Kantor Pusat Pertamina. Universitas Indonesia, Depok.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Sumber Daya Alam dan Lingkungan