Pengaruh Pemberian Limbah Organik Kantin terhadap Pertumbuhan Cacing Tanah (Lumbricusrubellus) dengan Media Sampah Daun Sekitar Kampus Universitas Brawijaya

Rizky Yunitasari, Alexander Tunggul Sutanhaji, Liliya Dewi Susanawati

Abstract


Sampah dalam suatu kampus terdiri dari 2 jenis yaitu sampah taman (daun) dan limbah organic kantin. Sampah daun yang telah dikomposkan dan limbah organic kantin dapat dimanfaatkan untuk media pertumbuhan cacingtanah sebagai alternative pengolahan sampah. Budidaya yang pesat dan besarnya permintaan pasar akan cacing tanah mendorong pemanfaatan media dan pakan yang tersedia melimpah di lingkungan sekitar seperti sampah daun dan limbah organic kantin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian media dari sampah daun dan limbah kantin untuk pertumbuhan cacing tanah (Lumbricussrubellus). Hubungan jumlah pemberian pakan dan pertumbuhan cacing tanah (jumlah dan bobot) diketahui dengan metode analisis regresi linier sederhana selain itu, dilakukan uji t untuk mengetahui adanya pengaruh signifikan antara pemberian pakan terhadap hasil pertumbuhan cacing tanah. Berdasarkan penelitian ini didapat bahwa semakin banyak jumlahpakan yang diberikan maka berpengaruh kurang baik untuk pertumbuhan cacing tanah. Perlakuan pertama dengan pemberian pakan sebanyak 50 gr menghasilkan pertumbuhan yang paling baik dibandingkan dengan pemberian pakan 100 gr, 150 gr dan 200 gr. Perlakuan pertama menghasilkan rata-rata bobot akhir sebesar 121.5 gr dari rata-rata bobot awal sebesar 100 gr dan rata-rata jumlah akhir 364 ekor dari rata-rata jumlah awal 251 ekor.

 

Kata Kunci: Cacing tanah, sampah, limbah kantin

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Amuwaraharja, I.P. 2006. Analisis Teknologi Pengolahan Sampah Dengan Proses Hirarki Analitik Dan Metode Valuasi Kontingensi Studi Kasus Di Jakarta Timur. I nstitut Pertanian Bogor, Ilmu Pengolahan Sumber Daya Alam Dan Lingkungan Program Pascasarjana. Bogor.

Khaeruman. 2009. Mengeruk Untung Dari Beternak Cacing. Agromedia Pustaka. Jakarta Selatan.

Palungkun, Rony. 1999. Sukses Beternak Cacing Tanah. PT. Penebar Swadaya. Jakarta.

Simanjuntak, A.K danWaluyo, J. 1995. Cacing Tanah Budidaya dan Pemanfaaatannya. Penebar Swadaya. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.