Efisiensi Rotating Biological Contactor Disc Datar dan Baling-Baling Dengan Variasi Kecepatan Putaran Pada Pengolahan Limbah Cair Tahu

Fauzia Rohmatul Laili, Liliya Dewi Susanawati, Bambang Suharto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efisiensi antara disc berbentuk baling-baling dan disc piringan datar pada pengolahan limbah tahu dengan metode Rotating Biological Contactor. Penelitian ini  memvariasikan tipe disc dan kecepatan putar disc untuk  menurunkan kandungan BOD, COD, dan TSS  pada limbah cair tahu. Terjadi penigkatan DO dan penurunan TSS yang tinggi pada pengolahan limbah tahu dengan disc baling-baling dibandingkan dengan disc datar.  Namun, penurunan BOD dan COD lebih tingga pada disc datar dibanding disc baling-baling karena gerakan turbulen pada air limbah di dalam reaktor dapat melepaskan biofilm yang merupakan mikroorganisme untuk mendegradasi BOD, COD dan TSS. Kecepatan 30 rpm lebih baik dibandingkan dengan 80 rpm.  Putaran yang cepat akan mengurangi efisiensi kerja biofilm. Pengolahan limbah tahu menggunakan metode Rotating Biological Contactor dengan media disc dan kecepatan 30 rpm selama 6 jam akan menghasilkan efisiensi sebesar 38,318 %.

Kata Kunci: Rotating Biological Contactor, Pengolahan Limbah Tahu, Bentuk disc RBC

Abstract

Reasearch aims to determine the efficiency of the propeller disc and flat disc  on waste water treatment  with Rotating Biological Contactor method. This study varying the type of disc and disc rotational speed to reduce the content of BOD, COD, and TSS in tofu wastewater. Propeller disc may increase dissolved oxygen in the water compared to a flat disc and more reduce TSS in wastewater. However, reduction in BOD and COD is higher than the flat disc on the disc proprller because the turbulent motion  from propeller in the reactor waste can release  biofilm which is a microorganisms to degrade BOD, COD and TSS. Speed of 30 rpm is better than 80 rpm. Rapid rotation would reduce the biofilm efficiency. Waste treatment using Rotating Biological Contactor methods with flat disc and speed of 30 rpm for 6 hours result in an efficiency of 38.318%.

Keywords: Rotating Biological Contactor, Tofu Waste water treatment, Disc RBC


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)