Teknik Pembesaran Ikan Nila (Oreochromis niloticus) dengan Pemberian Pakan Limbah Roti

Roose Marie, Mochammad Ali Syukron, Seto Sugianto Prabowo Rahardjo

Abstract


Meningkatnya minat masyarakat untuk mengonsumsi ikan nila (Oreochromis niloticus) harus di imbangi dengan ketersediaan ikan nila yang ada di pasaran.Oleh karena itu, untuk tetap mendapatkan ikan air tawar khususnya ikan nila tidak hanya bisa didapatkan dengan menangkap ikan di perairan lepas, melainkan juga perlu adanya kegiatan budidaya agar populasi tetap seimbang dan kebutuhan masyarakat juga tetap terpenuhi.UPT Usaha Pertanian Balai Benih Ikan (BBI) Tlogowaru Malang merupakan tempat yang mencoba teknik pembesaran ikan nila dengan pemberian pakan berupa limbah roti. Limbah roti berfungsi sebagai pakan pengganti pellet yang memiliki harga relatif tinggi sehingga kurang efisien pada sektor produksi. Dengan demikian, adanya alternatif pakan menggunakan limbah roti diharapkan mampu menekan biaya pakan yang tinggi. Hasil pada pemberian pakan limbah roti didapatkan Survival Rate di atas 90%, dengan masa panen 10 bulan (secara parsial), dan mendapatkan keuntungan 23,700,000 rupiah dengan R/C Ratio sebesar 4.04. Hasil penelitian ini efektif dari segi biaya produksi, tetapi perlu adanya pengembangan lebih lanjut untuk mendapatkan waktu panen yang lebih singkat.


Full Text:

PDF

References


Ali, F. 2009. Mendongkrak Produktivitas Udang Galah Hingga 250%. Penebar Swadaya. Depok.111 hlm.

Darwisito, S., M. Zairin., D. S. Sjafei., W. Manula dan A. O. Sudrajat 2008.Pemberian pakan mengandung vitamin e dan minyak ikan pada induk memperbaiki kualitas telur dan larva ikan nila (Oreochromis niloticus).Jurnal Akuakultur Indonesia.7(1): 1-10.

Kordi, M. G. H. K. 2010. Panduan Lengkap Memelihara Ikan Air Tawar di Kolam Terpal. ANDY: Yogyakarta. 280 hlm.

Murniyati., F. R. Dewi dan R. Peranginangin. 2014. Teknik pengolahan tepung kalsium dari tulang ikan nila. Penebar Swadaya. Jakarta. 74 hlm.

Sarifin, K.T. Wibowo, D. Rohmana, S. Rosellia. 2014. Untung 100% dari Budidaya Udang Galah. Agromedia Pustaka. Jakarta. 120 hlm.




DOI: http://dx.doi.org/10.21776/ub.jsal.2018.005.01.1

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Sumber Daya Alam dan Lingkungan