Strategi Mitigasi Bencana Banjir Sungai Penguluran di Kecamatan Gedangan dan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang

Novan Satria Utama

Abstract


Sungai Penguluran yang melalui dua kecamatan (Kecamatan Gedangan dan Kecamatan Sumbermanjing Wetan) di Kabupaten Malang sering meluap hingga menimbulkan bencana banjir. Banjir disebabkan oleh hujan (lebat hingga sangat lebat) serta pendangkalan sungai. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan strategi mitigasi berdasarkan tingkat risiko menggunakan teknik Simple Multi-Attribute Rating Technique Exploiting Ranks (SMARTER). Hasil penelitian menunjukkan strategi mitigasi prioritas pertama untuk kawasan bencana banjir risiko tinggi pada Desa Sitiarjo dan Desa Gajahrejo ditetapkan menurut kriteria pengembangan kapasitas dengan alternatif memberikan pengetahuan melalui penyuluhan dan penyebaran informasi, berbeda dengan Desa Sidodadi melalui alternatif pelibatan warga desa dalam tim relawan/siaga bencana serta kelompok-kelompok untuk tanggap bencana. Sedangkan alternatif untuk kawasan risiko sedang pada Desa Sitiarjo melalui alternatif pelatihan kebencanaan bagi aparat pemerintah desa, dan menyediakan perlengkapan dan peralatan, sarana dan pra-sarana, logistik, dan personil untuk penanggulanan bencana, tetapi untuk Desa Gajahrejo melalui pemberian pengetahuan dan kemampuan, kepada tim relawan/siaga bencana desa, tentang analisis risiko, manajemen bencana, kesiapsiagaan, operasi tanggap darurat.


Keywords


banjir; bencana; mitigasi; penguluran; SMARTER

Full Text:

PDF

References


BNPB. 2012. Perka BNPB No. 1. 2012 tentang Pedoman Umum Desa/Kelurahan Tangguh Bencana. Jakarta: BNPB.

BNPB. 2019. Data Informasi Bencana Indonesia (DIBI). Dilihat 10 Agustus 2019. < http://dibi.bnpb.go.id/>

Fadly, F., Darmi Y., Prabowo D.A. 2017. Sistem Penentu Calon Penerima Beasiswa Menggunakan Metode Smarter dan Forward Chaining. Jurnal Media Infotama. Vol. 13 No. 2. September 2017.

Hadisusanto, N. 2010. Aplikasi Hidrologi. Jogja Mediautama. Yogyakarta.

Haryanti, D. Nasution, H.. Srimurdianti, A.S. 2016. Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Pengganti Beasiswa Penuh Bidikmisi Universitas Tanjungpura Dengan Menerapkan Metode SMARTER. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JUSTIN). Vol.1. No.1.

Kusmiyanti, R.D., Suliatun, S., Mustakim, M. 2017. Analisis Sensitifitas Model SMART-AHP dengan SMARTER-ROC sebagai Pengambilan Keputusan Multi Kriteria. dalam Seminar Nasional Teknologi Informasi. Komunikasi dan Industri (SNTIKI) 9 Fakultas Sains dan Teknologi. UIN Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru. 18-19 Mei 2017.

Maryono, A. 2007. Restorasi Sungai. Gajah Mada University Press. Yogyakarta.

Okfalisa, O., Gunawan, A. 2014. Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Produk Asuransi Jiwa Bagi Nasabah Menggunakan Metode SMARTER. Jurnal Sains. Teknologi dan Industri. Vol. 12. No. 1. Desember 2014. pp. 73 – 79.

Triatmodjo, B. 2008. Hidrologi Terapan. Beta Offset. Yogyakarta.

Utama, L.N.S., Rachmawati, T.A., Hadisusanto, N. 2019. Analisis Risiko Bencana Banjir DAS Penguluran di Kecamatan Sumbermanjing Wetan & Kecamatan Gedangan. Kabupaten Malang. Tesis. Malang: Program Pasca Sarjana Ilmu Lingkungan Universitas Brawijaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.21776/ub.jsal.2020.007.01.2

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Novan Satria Utama