Prediksi Gas Karbon Monoksida (CO) dari Sumber Kendaraan Bermotor dengan Metode Gaussian Line Source Berbasis Sistem Informasi Geografis

Taufik Taufik, Moch. Assidieq, Rosdiana Rosdiana, Sumarlin Sumarlin, Aryani Adami, Tia Dwi Irawandani, Ilham Ilham, Dwiprayogo Wibowo

Abstract


ABSTRAK

 

Prediksi persebaran gas CO dari sumber transportasi di salah satu jalan arteri primer Kota Kendari menjadi fokus uji coba dalam penelitian ini untuk menentukan konsentrasi polusi udara menggunakan metode gaussian model line source (GMLS). Metode ini merupakan cara unik untuk menganalisis persebaran gas CO yang dikombinasikan dengan metode geographic information system (GIS) kemudian dibandingkan terhadap hasil konsentrasi yang diperoleh dengan baku mutu Peraturan Pemerintah Indonesia No. 22 Tahun 2021 dan visualisasi menggunakan aplikasi GIS. Fokus kajian penelitian dilakukan di Jalan M.T. Hariyono Kota Kendari-Sulawesi Tenggara dengan menghitung volume kendaraan, analisis konsentrasi gas CO, dan pemodelan menggunakan GIS. Berdasarkan hasil pengamatan volume lalu lintas di Jalan arteri primer M.T. Hariyono Kota Kendari menunjukkan bahwa jumlah kendaraan bermotor yang melintas di pagi hari sebanyak 3103 unit/jam (07.00-08.00 WITA), siang hari sebanyak 2,227 (12.00-13.00 WITA), dan sore hari sebanyak 2996 (16.00-17.00 WITA). Jumlah kendaraan tersebut menyumbangkan laju emisi gas CO pada pagi hari sebesar 18,157.06 µg.(m.s)-1, siang hari sebesar  13,982.83 µg.(m.s) -1, dan sore hari sebesar 18,493.33 µg.(m.s) -1. Berdasarkan perhitungan dengan finite length line source (FLLS) turunan dari metode GMLS, persebaran konsentrasi gas CO paling tinggi terletak pada tepi jalan (roadside) sebesar 5,838.84 µg.(Nm3)-1 kondisi pagi hari, 4,496.5 µg.(Nm3)-1 pada siang hari, dan 5,946.96 µg.(Nm3)-1 pada sore hari dengan kondisi kecepatan angin rata-rata 2.1 m.s-1 dan arah angin dari barat laut (315°) ke tenggara (135°). Analisis spasial dengan pemodelan SIG menunjukkan wilayah sebaran dampak dari pencemaran gas CO menuju daerah sekitar ruas jalan raya.

 

Kata kunci: kendari, pencemaran, transportasi, udara

 

ABSTRACT

 

The uniqueness of CO gas analysis from transportation sources on the primary arterial road in Kendari City has become the focus in this study to calculate pollutant concentration using the Gaussian model line source (GMLS) method. This method has combined with the geographic information system (GIS) method then compared the concentration results with the quality standard of Indonesian Government Regulation No. 22 of 2021 and visualization using GIS application. The subject in this study was examined on M.T. Hariyono Street, Kendari City-Southeast Sulawesi Province, Indonesia by calculating vehicle volume, CO gas concentration analysis, and modelling using GIS application. Based on these results, we obtain the traffic of vehicles volume on M.T. Hariyono Street showed that in the morning was 3103 units/hour (07.00-08.00 AM), in the afternoon as many as 2227 units/hour (12.00-13.00 PM), and in the afternoon of 2996 units/hour (16.00-17.00 PM). The number of these vehicles have contributed to the emission rate in the morning of 18,157.06 µg.(m.s)-1, in the noon of 13,982.83 µg.(m.s)-1, and in the afternoon of 18,493.33 µg.(m.s)-1. Based on calculations using the finite length line source (FLLS) derived from the GMLS method, the highest concentration of CO gas is located on the roadside of 5,838.84 µg.(Nm3)-1 in the morning, 4,496.5 µg.(Nm3)-1 in the midday, and 5,946.96 µg.(Nm3)-1 in the afternoon; with an average wind velocity of 2.1 m.s-1 and a wind direction from the northwest (315°) to the southeast (135°). Spatial analysis with GIS produces a distribution area of the impact of CO gas pollution towards the area around the highway.

 

Keywords:  kendari, pollution, transportation, air


Keywords


kendari; pencemaran; transportasi; udara; pollution; transportation; air

Full Text:

PDF

References


Aminah, S. (2018). Transportasi Publik dan Aksesbilitas Masyarakat Perkotaan. Jurnal Teknik Sipil, 9(1), 1142–1155.

Anam, M. S., Yulianti, W., Safitri, S. N., Qolifah, S. N., & Rosia, R. (2021). Konservasi Sumber Daya Alam dalam Perspektif Islam. Al-Madaris Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 2(1), 26–37.

Aslim, M. A. F. I. (2019). Pemodelan Sebaran Polutan Udara Akibat Aktivitas Pltd Tello Kota Makassar Menggunakan Model Dispersi Gauss. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 15(1), 36–44.

Bachtiar, V. S., Afrianita, R., & Rahma, D. (2018). Pengaruh Arah Angin pada Kepadatan Lalu Lintas terhadap Beban Emisi Kendaraan Bermotor dan Konsentrasi Gas SO2 di Kawasan Roadside Kota Padang. Prosiding Forum Studi Transportasi Antar Perguruan Tinggi, 259–268.

BPS Indonesia. (2019). Jumlah Kendaraan Bermotor 2019. https://www.bps.go.id/indicator/17/57/1/jumlah-kendaraan-bermotor.html

BPS Kota Kendari. (2020). Kota Kendari dalam Angka 2021. 74710.2102, 1–388.

Cooper, C. D., & Alley, F. C. (2010). Air pollution control: A design approach. Waveland press.

Darianto, D. (2019). Analisa Pengaruh Waktu Dan Turbulensi Asap Pada Mesin Pengering Ikan Lele. Journal of Mechanical Engineering Manufactures Materials and Energy, 3(2), 130–142.

Fatoni, A. (2021). Pengaruh Perkembangan Keuangan Syariah, Investasi Langsung dan Perdagangan Internasional Terhadap Kualitas Udara Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(3), 1486–1493.

Fauzi, A. (2021). Valuasi ekonomi dan penilaian kerusakan sumber daya alam dan lingkungan. PT Penerbit IPB Press.

Hamsona, D. A., & Susilowati, I. F. (2019). Perlindungan Hukum Terhadap Keselamatan Penumpang Kendaraan Sepeda Motor Yang Digunakan Untuk Kepentingan Masyarakat. NOVUM: JURNAL HUKUM, 6(2), 1–8.

Hasanah, A. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Interaksi Sosial Untuk Meningkatkan Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan, 9(1), 22–32.

Hema, H., Assiddieq, M., Ndibale, W., Ilham, I., & Wibowo, D. (2021). Analisis Kualitas Air dengan Parameter TSS, BOD, Deterjen dan Fosfat (PO4) pada Sungai Wanggu Kota Kendari. ENVIROTEK: Jurnal Ilmiah Teknik Lingkungan, 13(2), 34–40.

Istirokhatun, T., Agustini, I. T., & Sudarno, S. (2016). Investigasi Pengaruh Kondisi Lalu Lintas dan Aspek Meteorologi Terhadap Konsentrasi Pencemar SO2 di Kota Semarang. Jurnal Presipitasi: Media Komunikasi Dan Pengembangan Teknik Lingkungan, 13(1), 21–27.

Kementerian Lingkungan Hidup. (2010). Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 12 Tahun 2010 Tentang Pelaksanaan Pengendalian Pencemaran Udara.

Kementerian Lingkungan Hidup. (2013). Pedoman teknis penyusunan inventarisasi emisi pencemar udara di perkotaan.

Manik, K. E. S. (2018). Pengelolaan lingkungan hidup. Kencana.

Marhaeni, A. D. R. (2018). Pengaruh Faktor Meteorologi Terhadap Fluktuasi Konsentrasi PM10 dan O3 di DKI Jakarta.

Mindiharto, S., Asturik, F. E. F., & Inayah, Z. (2020). Penyuluhan kepada Pengurus dan Anggota Karang Taruna RW. XIV Desa Ngringo, Jaten, Karanganyar tentang Manfaat Tumbuhan Obat untuk Menjaga Kesehatan. DedikasiMU (Journal of Community Service), 2(3), 517–525.

Najib, A. (2018). Ekstraksi senyawa bahan alam. Deepublish.

Neshart, N., Rosdiana, R., Wibowo, D., & Sukri, A. S. (2021). Perencanaan Desain Instalasi Pengolahan Air Limbah dengan Metode Biofilter Anaerob–Aerob. Jurnal TELUK: Teknik Lingkungan UM Kendari, 1(1), 14–19.

Nirmala, N., & Surveyandini, M. (2019). Faktor Penentu Pemilihan Jasa Transportasi Online pada Masyarakat Banyumas. Sustainable Competitive Advantage (SCA), 9(1), 339–347.

Nurmaningsih, D. R. (2018). Analisis kualitas udara ambien akibat lalu lintas kendaraan bermotor Di Kawasan Coyudan, Surakarta. Jurnal Teknik Lingkungan, 3(2), 46–53.

Peraturan Pemerintah RI. (2021). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 22 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. 1–483.

Purba, B., Nainggolan, L. E., Siregar, R. T., Chaerul, M., Simarmata, M. M. T., Bachtiar, E., Rahmadana, M. F., Marzuki, I., & Meganingratna, A. (2020). Ekonomi Sumber Daya Alam: Sebuah Konsep, Fakta dan Gagasan. Yayasan Kita Menulis.

Putri, E. R. (2018). Model Matematika Penanggulangan Pencemaran Udara. UNP Journal of Mathematics, 3(2), 40–45.

Rema, I. N., & Rai Putra, I. B. (2018). Sumber Daya Alam sebagai Media Literasi Di Bali. Forum Arkeologi, 31(1), 1–14.

Rosyidah, M. (2018). Polusi Udara dan Kesehatan Pernafasan. Integrasi: Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 1(2), 1–5.

Subagiyo, H., Randa, W., Wahyuni, R. T., & Akbar, M. (2021). Peningkatan Akurasi Pengukuran Kadar Gas CO pada Node Sensor Sistem Monitoring Kualitas Udara Menggunakan Kompensasi Kesalahan. Jurnal Elektro Dan Mesin Terapan, 7(2), 81–88.

Subekti, Z. M., Mukiman, K., Fadhil, A. F. A., & Asyrofi, M. (2021). Penerapan Limit Akses Browsing Internet pada saat Jam Kerja di PT XYZ. Jurnal Teknologi Terpadu, 7(1), 31–38.

Sutanhaji, A. T., Anugroho, F., & Ramadhina, P. G. (2018). Pemetaan Distribusi Emisi Gas Karbon Dioksida (CO2) dengan Sistem Informasi Geografis (SIG) pada Kota Blitar. Jurnal Sumberdaya Alam Dan Lingkungan, 5(1), 34–42.

Wibowo, D., Basri, B., Adami, A., Sumarlin, S., Rosdiana, R., Wa, N., Ilham, I., Ndibale, W., & Ilham, I. (2020). Analisis Logam Nikel (Ni) dalam Air Laut dan Persebarannya di Perairan Teluk Kendari, Sulawesi Tenggara. Indonesian Journal of Chemical Research, 8(2), 144–150. https://doi.org/10.30598//ijcr.2020.8-dwi

Wirosoedarmo, R., Suharto, B., & Proborini, D. E. (2020). Analisis Pengaruh Jumlah Kendaraan Bermotor dan Kecepatan Angin Terhadap Karbon Monoksida di Terminal Arjosari. Jurnal Sumberdaya Alam Dan Lingkungan, 7(2), 57–64.




DOI: http://dx.doi.org/10.21776/ub.jsal.2022.009.03.2

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JSAL